Secangkir Kopi Untuk Mariska

“Wahai Pemimpin Bangsa!!! Belajar Dari Seks, Dong!!!,” begitulah judul peluncuran buku, yang sekaligus menjadi judul buku kumpulan tulisan Blogger Kompasiana, Mariska Lubis alias ML.

ML memang singkatan dari namanya. Tidak lebih. Namun, dari singkatan itu pula jejak warna pena dari perempuan berkulit putih ini bisa ditelusuri. Apalagi kalau bukan, seks. Iya, memang seks. Hampir 100 persen tinta tulisannya berwarna seks.

Ini tentu tema yang hangat, sekaligus dicari plus misteri. Tapi siapa pun akan gigit jari jika yang dicari adalah seks tips dan trik. Akan lebih kecewa lagi jika berharap menemukan seks dalam bahasan detail tentang proses “bercinta,” sebagaimana tulisan seks pengganti visual tentang pasangan “ber-ehem” yang sekarang legi “ngetrend” menghiasi jagad media massa dan media maya.

Buat saya, ini tulisan seks spesial yang memiliki tujuan spesial pula. Spesial karena semua tulisannya mengandung pesan kuat soal pentingnya “mindset dan mindview” kedirian dan kebangsaan. Dan, semakin spesial karena ia justru bertolak dari bagian-bagian yang oleh banyak orang sedang dipasung sekaligus ditelanjangi habis-habisan.

Kemampuannya menemukan “lubang tengah” lewat pendekatan menulis appreciative inquiry diantara tarikan “lubang bawah” yang kerap didekati secara problem solving memang dasyat karena tidak hanya mampu menghadirkan “lahar” empati dan sugesti saja melainkan juga sangat afirmatif, apresiatif, dan bahkan kadang impresif. Ini pula yang kerap membuat pembacanya “tersadar” secara kognitif, afektif dan behavioral. Minimal, dengan membaca tulisan-tulisan perempuan berambut panjang ini kanal memori alam bawah sadar akan diisi oleh satu perspektif yang berbeda, yang untuk jangka panjang bisa berguna dalam proses pematangan diri.

Lebih dahsyat lagi karena segenap isi bukunya yang sekarang sudah beredar di toko-toko buka Gramedia khususnya tidak termakan oleh hukum kadaluarsa. Coba simak lagi sejumlah judul tulisannya dibuku dan simaklah perkembangan zaman saat ini. Nggak percaya? Coba baca lagi tulisannya, seperti Masturbasi Otak, Bung Piktor, Moral Panik, Ya, Fredom of Expression, Dunia Seks Dalam Berita, Cinta Apa Nafsu, Berpikir Tentang Seks, Pemimpin Bangsa Kita Masih Sempat ML, Nggak Ya? dan juga Wahai Pemimpin Bangsa!!! Belajar Dari Seks, Dong!!!

Dan yang paling dahsyatnya lagi, tulisannya adalah cermin dari orangnya. Bagaimana tulisannya begitu pula penulisnya. Karena itu tidak heran manakala tuturannya sekaligus menjadi tulisannya. Jadi, siapa saja yang bertutur dengannya sama artinya memberi amunisi baginya untuk menulis. Jadi siapa yang berdiskusi dengannya sama dengan sedang membantunya menghidupkan mesin yang memproduksi tulisan-tulisan. Jadi jangan heran jika dalam situasi sedang berdiskusi ia sudah siap dengan sejumlah tulisan-tulisan barunya.

Jadi waspadalah dengan jemarinya yang sedang bergerak karena itu tanda kalau ia sedang menulis. Kadang, pikiran nakal sempat melintas “apa kalau sedang bercinta juga menghasilkan tulisan? Kalau ia, maka tulisan desahnya itu…?

Halaghhh…Lebih bagus saya meneguk kopi saja dan salam “Secangkir Kopi untuk Mariska” yang akan meluncurkan bukunya pada:

Hari Kamis, 17 Juni 2010
Pukul 14.00 – 18.00

di

FX Plaza, Lantai F3 Atrium
Jl.
Jend. Sudirman, Pintu I, Senayan
Jakarta Selatan

Pembicaranya: H Solahuddin Wahid (Tokoh Masyarakat), Letjend TNI (P) Kiki Syahnakri (Tokoh Masyarakat), Peggy Melati Sukma (Artis), Rosemary C. Sihombing (Media Indonesia), Tri Agung Kristanto (Harian KOMPAS), Rafael Don Bosco (Indosiar), Eddy Hidayat (Metro TV), Khoiri Ahmadi (RCTI).

Saleum Kompasiana

Rismanaceh

Repost Kompasiana.com 16 Juni 2010

About bilikml

Saya adalah saya yang memiliki cinta untuk semua. Biarlah semua yang saya tulis menjadi ibadah, hormat, dan pengabdian kepada Yang Maha Kuasa agar berguna dan bermanfaat bagi semua yang saya cintai, Indonesia. Long lasting love for lust.... Freedom toward never ending and never last happiness.
This entry was posted in Mariska Lubis and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s