Kebiri dengan Vasektomi???

HEHEHE…. Kata siapa? Ngaco, ah!!! Beda banget lagi!!! Yang satu jadi mandul yang satu lagi jadi nggak bisa punya anak. Beda, kan?

Illustrasi: matanews.com

Sepasang suami istri, teman dekat saya, memutuskan untuk melakukan Keluarga Berencana setelah anak ketiga mereka lahir. Setelah ditimbang-timbang, dipikir-pikir, sang suami akhirnya memutuskan untuk melakukan vasektomi.

Daripada istri saya disetril? Biayanya jauh lebih mahal.”

“Memangnya beda jauh, ya?”

“Saya, dah, tanya-tanya. Kalau steril paling nggak habis empat jutaaan, kalau vasektomi, paling hanya lima ratus ribuan.”

“Wah, jauh banget, ya?!”

“Iyalah, hari gini? Duit lagi susah, non!!! Lagian, kan, aman juga.”

“Kamu nggak takut?”

“Takut apa?”

“Takut nanti nggak bisa “berdiri”lagi?”

“Memangnya dikebiri? Sorry, ya!!! Dah, nanya dulu ke dokter!!!”

“Baguslah! Hebat kamu!!!”

Lain lagi dengan seorang pria yang berantem sama istrinya gara-gara diajak sama-sama melakukan Keluarga Berencana. Sang istri mau disteril kalau suaminya juga mau divasektomi. Hehehe…. “Biar imbang”, kata sang istri!!!

Sementara menurut sang suami, itu sama saja dengan mengkibiri dirinya. Dia merasa disamakan dengan anjing kesayangan mereka, Si Chavez!!! Nggak jantan banget, katanya!!! Jadi, weh, nggak nyambung. Huahahahahahaaa….

Memang banyak banget pria yang menganggap vasektomi sama dengan dikebiri. Mungkin karena kurangnya pengetahuan tentang hal ini. Kalau dibandingkan dengan pengetahuan tentang alat Keluarga Berencana yang lain, sepertinya vasektomi yang paling jarang diungkap. Ditambah lagi kebanyakan perempuan yang ogah banget suaminya divasektomi.

“Nanti bebas, dong, main sana main sini!!! Kan, nggak bisa punya anak dari selingkuhan?! Mereka pasti merasa lebih aman.”Hehehe…. Jadi aja,  salah kaprah!!!

Prinsip vasektomi sebetulnya sama saja dengan disteril. Yah, sebetulnya sama-sama steril juga, hanya yang satu untuk pria, yang satu untuk wanita. Tempatnya juga beda. Kalau yang satu diikat saluran menuju sel telurnya, yang satu diikat saluran spermanya. Kalau begitu, nggak bisa keluar lagi, dong??? Keluarlah… jangan takut!!! Hanya saja sperma yang keluar sudah tidak “berisi” lagi alias kosong. Tidak bisa lagi membuahi sel telur yang diproduksi oleh perempuan. Operasi vasektomi juga tidak memakan waktu lama, kok! Paling-paling hanya 15 menit saja. Sakit? Sedikit!!! Masa nggak tahan?! Lebih sakit disunat kali?! Bekasnya juga sangat kecil dan hampir-hampir tidak kelihatan. Pengaruh terhadap kejantanan??? Nggak ngaruh, dong! Cuma harus puasa saja dua minggu sampai lukanya benar-benar sembuh. Bentar, kan?Sudah banyak, kok, yang sukses dan berhasil.

Di kabupaten Cianjur, Jawa barat misalnya. Menurut data yang saya terima dari seorang PNS penyuluh Keluarga Berencana muda, pintar, berani, dan kritis serta baik hati dan tidak sombong, Kang Hadi namanya, pengguna vasektomi sudah mencapai angka 6.179 pria sampai dengan saat ini Mereka adalah pria-pria yang sudah mengerti kalau vasektomi beda dengan kebiri. Hehehe…

Nah, mulai sekarang, jangan ada lagi, ya, yang bilang vasektomi itu sama dengan dikebiri. Sudah tahu bedanya, kan? Soal mau tidak maunya divasektomi, sih, terserah saja. Silahkan dibicarakan dan diputuskan bersama dengan pasangan masing-masing.

Bila kurang paham atau kurang jelas, datang saja ke dokter atau bidan di rumah sakit atau Puskesmas terdekat. Mereka pasti dengan senang hati menjelaskannya kepada Anda semua.

Salam,

Mariska Lubis

Repost Kompasiana.com 12 Oktober 2009

About bilikml

Saya adalah saya yang memiliki cinta untuk semua. Biarlah semua yang saya tulis menjadi ibadah, hormat, dan pengabdian kepada Yang Maha Kuasa agar berguna dan bermanfaat bagi semua yang saya cintai, Indonesia. Long lasting love for lust.... Freedom toward never ending and never last happiness.
This entry was posted in Pendidikan Sosial and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s